Wakil Gubernur Sulsel
Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang

Agus: Kebutuhan Listrik di Sulsel Cukup Besar

Rabu, 30 Maret 2016 | 18:13 Wita - Editor: Iin Nurfahraeni - Reporter: Satria Sakti - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Perkembangan provinsi Sulawesi Selatan sebagai salah satu daerah yang mengalami perkembangan yang cukup pesat, juga membutuhkan suplay listrik yang besar, bahkan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang mengakui kebutuhan listrik cukup besar pertahun.

“Di Sulsel kebutuhan listrik cukup besar, bahkan permintaan listrik di Sulsel dalam setahun  bisa mencapai 12 sampai 82 persen , atau kisaran 60 sampai 100 MW dari yang ada sekarang,”kata Agus usai menghadiri rembuk nasional, di Hotel Aston Makassar, Rabu(30/3/2016).

Lebih jauh, Agus menjelaskan kebutuhan sektor industri akan listrik saat ini cukup, sehingga diharapkan dengan penambahan program listrik 35.000 MW dapat juga menjangkau daerah yang terpencil  di seluruh  Sulawesi Selatan. Saat ini daya yang terpasang sebesar 1329 MW, sedangkan untuk daya mampu 1050 MW.

“Listrik sudah menjadi kebutuhan dasar untuk pembangunan. Jadi sudah sewajarnya jika pemerintah selaku pengambil kebijakan terus berupaya mencari sumber-sumber energi baru bagi kelistrikan Sulsel,” jelasnya.



Agus pun mengingatkan ketika pemerintah pusat membangun pembangkit listrik 35.000 MW sudah tepat, tinggal bagaimana jaringannya diperbaiki. Dengan jumlah pulau sekitar 250 yang ada di Sulsel ini sebenarnya tidak bisa dilayani dengan kabel harus ada tenaga listrik, tenaga angin .

Halaman: