Ilustrasi

Ada Wacana Mahar Caketum Golkar Rp20 Miliar di Munaslub

Selasa, 12 April 2016 | 16:50 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com – Dalam pertemuan Ketua DPD I Golkar Sulsel, Syahrul Yasin Limpo Wakil Ketua MPR RI, Mahyuddin mencuat beberapa permasalahan menjelang Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Golkar. Salah satunya munculnya wacana pembayaran mahar senilai Rp20 milliar bagi caketum yang ingin maju.

Mahyuddin mengakui jumlah tersebut belum diputuskan dalam rapat pleno panitia munas, yang mana Stering Comitteenya adalah Nurdin Halid. Namun demikian, jumlah ini menurutnya sangat besar dan menjadi beban tersendiri bagi dirinya dan calon lainnya.

“Mudah-mudahan tidak ada, karena ini bisa menimbulkan opini publik yang buruk. Kalau pun ada tak sebesar itu, lagian untuk pelaksanaan munaslub itu menjadi tanggung jawab panitia. Sejauh ini belum diputuskan oleh SC terkait biaya itu,” kata Mahyuddin.

Karena itu, dirinya bersama beberapa calon lainnya mendorong dibentuknya komite etik yang akan mengawasi para calon untuk menghindari money politik. Tak tanggung-tanggung, dirinya mengusulkan bagi yang terbukti harus dijatuhkan sanksi, seperti pembatalan maju di munaslub.

Pernyataan paling keras, bahkan dilontarkan oleh SYL, dirinya mengaku siap mengundurkan diri dari perebutan kursi kosong satu Golkar jika ada mahar politik yang harus dibayar. Ini merupakan bukti, bahwa dirinya tak ingin ada permainan uang dalam munas mendatang.

Halaman:

BACA JUGA