Pembinaan Fisik Personel Lantamal VI Telan Korban

Jumat, 15 April 2016 | 13:42 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Citizen Reporter

Makassar, GoSulsel.com – Pembinaan fisik (Binsik) personel Lantamal VI yang berlangsung pada Jumat (15/4/2016) di Lapangan Arafuru Mako Lantamal VI sempat menelan korban bernama Usman, salah satu personel PNS Rumkital Jala Ammari Lantamal VI yang sehari-harinya bertugas di bagian administrasi Tata Usaha.

Dengan cepat tim Kesehatan Lantamal VI dari  Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) Jala Ammari  dengan alat medisnya memberikan pertolongan pertama berupa mengembalikan fungsi pernafasan dan atau sirkulasi pada seseorang yang mengalami henti nafas dan atau henti jantung (cardiac arrest) dan kemudian si korban dievakuasi ke Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) Jala Ammari dengan menggunakan ambulance untuk penyelamatan dan tindakan medis berikutnya.

pt-vale-indonesia

Menurut keterangan dari salah satu perwira Rumah Sakit Jala Ammari, Mayor Laut (K/W) Sahara, mengatakan bahwa si korban sebelumnya sempat lembur mengerjakan tugas kantor bagian administrasi sampai tengah malam, dikarenakan pelayanan Rumah Sakit yang mengharuskan untuk pelayanan full 24 jam terhadap pasien yang membutuhkan pertolongan. Karena itulah kondisi fisik dari si korban tidak siap namun dipaksakan untuk mengikuti test Samapta ini dan berakhir dengan kejadian tersebut.

Peristiwa itu merupakan bagian dari skenario yang digelar Rumah Sakit TNI AL Jala Ammari  untuk menguji kesiapsiagaan petugas dalam keadaan darurat emergency seperti pertolongan pertama kepada personel  Lantamal VI. (*)

Citizen Report: Kadispen Lantamal VI Kapten Laut (KH) Suparman Sulo


BACA JUGA