#

Teliti Bugis Perantauan, Baco Tang Raih Doktor Sosiologi di UNM

Rabu, 20 April 2016 | 09:55 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Makassar,GoSulsel.com – Dosen Fisip Universitas Muhammadiyah Kupang, Baco Tang, S.Sos, M.Si berhasil  meraih doktor sosiologi di PPs-UNM, Selasa (19/4/2016). Dalam rapat senat luar biasa dipimpin Asdir II PPs-UNM, Andi Ikhsan, nilai yang diperoleh adalah A dengan IPK, 3,74 sangat memuaskan.

merupakan doktor  ke-104  sosiologi PPs-UNM serta doktor ke 427 PPs-UNM. Pria kelahiran Limpoe Bone, 28 Oktober 1966 ini menulis disertasi berjudul, Migrasi dan Perubahan Sosial, Analisis Sosiologis Tentang Kontribusi Etnik Bugis Bagi Ekonomi Kota.

pt-vale-indonesia

Selama melakukan penelitian dan penulisan dibimbing oleh Promotor, Prof.Dr.HM.Idrus Abustam dengan Kopromotor, Prof.Dr.H.Pawennari Hijjang, MA dan Prof.Dr.Darman Manda, M.Hum.

Tim penguji yakni, Ketua Prodi S3 Sosiologi PPs-UNM, Prof.Dr. Andi Agustang, M.Si dan Dekan FKM Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) Makassar, Dr.Arlin Adma, M.Si serta penguji eksternal, Guru Besar Sosiologi Universitas Haluoleo Kendari, Prof.Dr.H.Barlian, M.Si.

Simpulan dari hasil disertasinya, Bugis perantauan di Kupang memberikan kontribusi pada aspek ekonomi terutama dalam pengembangan pasar-pasar tradisional, penerimaan retribusi pasar, pajak bumi dan bangunan, penerimaan pajak izin bangunan, kata Baco Tang.

Halaman: