(Foto: Siti Aminah Umar/Citizen reporter)
#

Siti Aminah Umar, Dekan Perempuan Universitas Sawerigading Makassar

Sabtu, 07 Mei 2016 | 14:34 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Citizen Reporter

Makassar, GoSulsel.com — Siti Aminah Umar, kelahiran Pammase, Kecamatan Bengo, Kabupaten Bone,  17 Januari 1978, dari  pasangan H. Umar Malatta, BA dengan Hj Radiah. Menikah dengan Usman, S.Sos seorang anggota Polri tahun 2002, kini sudah dikarunia tiga orang anak, yakni Nurzakiyah dewi Usman, Muh. Fachry Aditya Usman dan Muh. Afdhal Tri Wibawa Usman.

Melihat latar belakang pendidikan,  dimulai dari pendidikan  SD hingga SMA  semuanya diselesaikan di Kabupaten Bone. St. Aminah  menyelesaikan SD Inpres 6/75 Selli, Kab. Bone tahun 1990, SMP Negeri Ujung Lamuru, Bone tahun 1993, SMA Negeri I Lapri tahun 1996.

pt-vale-indonesia

Ia kemudian melanjutkan pendidikan sarjana (S1) di STIMIK Dipanegara tahun 1996-2001. Setelah selesai, ia pun kembali melanjutkan pendidikan ke jenjang S2  di Unhas, mengambil jurusan Teknik Informatika Elektro, selesai tahun 2011, dengan judul penelitian “Konversi  nilai dari jenjang Diploma Tiga ke jenjang strata satu yang menggunakan Algoritma Sistem Pakar”.

Siti Aminah Umar, diterima menjadi tenaga pengajar di Kampus Universitas Sawerigading (UNSAW) sejak 2005. Bergabung di Unsaw tidak melalui proses pelamaran, tetapi dipanggil oleh pihak kampus untuk mengajarkan IT. Ketika itu, Unsaw masih kekurangan tenaga dosen yang pengetahuan dasarnya di bidang IT. Kurang lebih dua tahun mengajar, baru kemudian terangkat menjadi dosen tetap pada Yayasan Pendidikan Sawerigading, yakni tahun 2007.

Kurang lebih 7 tahun bergabung menjadi tenaga pengajar di Unsaw, maka pada 2012 oleh pihak kampus memberikan kepercayaan  menjadi Dekan Fakultas Teknik Elektro dengan dua konsentrasi bidang  ilmu, yakni Listrik dan Telekomunikasi. Jabatan Dekan masih tetap dijabat hingga sekarang ini.

Fakultas Teknik Elektro Unsaw  memiliki sumber daya dosen sebanyak 8 orang dosen tetap, dengan membina mahasiswa  Teknik elektro  sebanyak 197 orang. Dan sejak Fakultas Teknik Unsaw dibuka tahun 1999, sudah mencetak  ratusan alumni yang tersebar dan  bekerja disejumlah instansi pemerintah maupun swasta.

Sebagai dosen, tentu berharap Fakultas Teknik Elektro Unsaw bisa semakin berkembang di waktu-waktu mendatang. Kemajuan yang ingin dicapai, tidak hanya sekadar memburu jumlah mahasiswa yang bisa diterima tetapi tetap mengendepankan kualitas. Dan dengan demikian, lulusan Unsaw bisa bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.(*)