Foto: akun Facebook

Danny: Reklamasi Tidak Salah yang Bahaya Justru Korupsi

Selasa, 10 Mei 2016 | 15:05 Wita - Editor: Irfan Wahab -

Makassar, GoSulsel.com – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) mengundang Wali Kota Makassar Danny Pomanto di Jakarta kemarin, Senin (9/5/2016) di gedung DPR RI untuk membahas reklamasi ekonomis versus ekologis.

Melalui akun sosial media Danny di fanspage dan Instagramnya memposting hasil diskusinya dengan Hidayat Nur Wahid dan Ketua Umum PB HMI Mulyadi P Tamsir.

pt-vale-indonesia

“Kami bersepakat bahwa pada dasarnya, persoalan reklamasi tidaklah salah, karena berpijak pada teori ‘sea level rise’ tahun 2011, kenaikan air laut akan mengakibatkan banyak kota terendam. Maka salah satu konsep pencegahannya yakni dengan melakukan reklamasi. Justru, korupsi dalam reklamasi itulah yang sangat berbahaya,” tulis Danny.

Lebih lanjut, Danny menjelaskan tentang proses reklamasi dilakukan oleh negara atau pemerintah dan dikerjakan kepada pihak swasta.

“Untuk mencegah hal tersebut, maka seharusnya proses reklamasi dilakukan oleh negara atau pemerintah dan diserahkan kepada pihak swasta, bukan sepenuhnya dikerjakan oleh pihak swasta yang hanya merauk keuntungan semata. Sehingga, mengakibatkan ‘fishing ground’ serta ‘sea wall’ yang akan dikerjakan aksesnya sangat tertutup,” tambah Danny. (*)


BACA JUGA