(Foto: Gugusan karst di kabupaten Maros/20 April 2016/Marwan Paris/GoSulsel.com)

Rammang-Rammang Trail Run Dihelat Juli 2016

Senin, 30 Mei 2016 | 14:21 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Dalam rangka menyukseskan Festival Rammang-rammang, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan menggelar lomba lari di kawasan karst yang berada di Kabupaten Maros. Event bertajuk Rammang-rammang Trail Run akan dihelat pada 31 Juli mendatang.

Kepala Bidang Pemasaran dan Promosi Disbudpar Sulsel, Devo Khadafi, mengatakan, Rammang Rammang Trail Run merupakan supporting event dari kegiatan besar yang dilakukan oleh pihaknya yang bertajuk Rammang Rammang Festival. Dimana pada Rammang Rammang Festival terdapat kegiatan seni budaya, yang terkait dengan budaya, maupun alam.

pt-vale-indonesia

“Kita membuat supporting namanya Rammang Rammang Trail Run, agar orang selain datang melihat pertunjukkan seni budaya juga dapat berpartisipasi langsung dengan ikut berlari di kawasan karts Maros. Tujuannya adalah selain melihat rammang rammang juga melihat titik titik lain di kawasan karts ini, yang tidak kalah indahnya dengan rammang rammang di tanah Beru,” kata Devo, di kantornya, Senin, (30/5).

Pihaknya berharap, Rammang Ramang Trail Run akan memberi penguatan bahwa Rammang Rammang adalah kawasan yang layak dikunjungi untuk aktivitas lari seperti ini. Event yang mengambil rute sejauh 6 kilo meter ini, menargetkan jumlah peserta sebanyak 500 orang.

Konsep pelaksanaan lari melintasi kawasan karst Rammang-rammang akan disesuaikan dengan medan lari. Dimana pelari akan melewati areal pegunungan, yang sifatnya berbukit, tanah landai, serta terjal. Start akan dipusatkan di areal jalan masuk hutan batu, kemudian para pelari akan mengarah menyusuri jalan masuk dengan pemandangan sawah dan bebatuan karst yang bertebaran. Selanjutnya berputar dalam kawasan hutan batu, untuk memasuki kawasan lembah Rammang Rammang sebagai tempat finish.

Sementara itu, Sri Dewi Yanti, perwakilan Lontara selaku official race organizer South Sulawesi Rammang Rammang Trail Run mengungkapkan, bahwa ini kali pertamanya lomba lari digelar di kawasan karst. Dengan medan yang menantang dan disuguhi oleh pemandangan alam yang sangat indah.

“Dari segi safety rute ini sangat aman dan nyaman untuk pelari bahkan untuk pemula sekalipun, dan saya percaya event ini merupakan langkah yang tepat bagi Sulsel untuk menjual wisata Rammang Rammang ini,” ungkapnya.(*)


BACA JUGA