Ilustrasi

Marak Uang Palsu Beredar, Polda Sulselbar Minta Warga Waspada

Jumat, 10 Juni 2016 | 18:44 Wita - Editor: Baharuddin -

Makassar,GoSulsel.com – Maraknya peredaran uang palsu saat ini, Polda Sulselbar mengeluarkan imbauan kepada warga agar mewaspadainya. Apalagi menjelang lebaran idul fitri.

“Selain meminta warga waspada, kami juga sudah menyampaikan ke pihak Bank Negara Indonesia (BNI) agar lebih teliti melihat uang. Karena, sekarang ini banyak beredar uang uang palsu, apalagi menjelang lebaran,”kata Kabid Humas Polda Sulsel Frans Barung Mangera, Jumat (10/6/2016).

Frans mengatakan, cara mengetahui keaslian uang dengan cara diterawang. Dari situ akan terlihat gambar air dan pengaman yang terdapat pada kertas.

Disitu akan terlihat asli atau di cetak. Perbedaannya pengaman yang benar yakni menimbulkan gelombang sehingga jika diraba, uang asli itu bisa dirasakan, cetakannya lebih kasar di banding uang palsu. Sedangkan gambar air itu akan terlihat lebih terang dari uang paslu,yang biasanya cetaknnya juga double.

Memasuki pekan ke 2 jelang lebaran,Bank Indonesia atau Bank swasta sudah mengantisipasi beredarnya uang palsu,dengan mencatat setiap ada uang palsu yang masuk dan akan segera melakukan kroscek,apabila intensitas uang palsu yang ada sekarang ini sudah di ambang dari yang di maksud nantinya maka pihak kepolisian akan menelusuri lebih lanjut.

Halaman:

BACA JUGA