#

Kemenlu Jajaki Keseriusan Peran Unhas di Kawasan Timur Indonesia

Senin, 13 Juni 2016 | 16:57 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Makassar,GoSulsel.com – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) menjajagi kemungkinan memberi peran yang signifikan kepada Universitas Hasanuddin sebagai pusat pengembangan ekonomi di Kawasan Timur Indonesia.

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Pengakajian dan Pengembangan Kebijakan Kawasan Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Leonard F.Hutabarat, Ph.D, ketika bertemu Wakil Rektor IV Unhas Prof.dr.Budu, Sp.(M), Ph.D. di Gedung Rektorat Unhas Tamalanrea, Senin (13/6/2016).

Ia mengharapkan, Unhas dapat dijadikan sebagai pusat studi pembangunan ekonomi Kawasan Timur Indonesia (KTI). Salah satu caranya adalah bekerja sama dengan Kemenlu untuk mengirim tenaga mengikuti pendidikan lanjut ke luar negeri dan memperoleh dana dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)Kementerian Keuangan.

Wakil Rektor IV Unhas Budu mengatakan, masalah yang menjadi perhatian serius Kemenlu adalah mengenai kemaritiman. Unhas diminta menyampaikan ke Kemenlu masalah apa yang dapat dibantu berkaitan dengan pengembangan bidang kemaritiman tersebut. Dalam masalah ini, Unhas sudah mengembangkan rumput laut dan pelayaran rakyat di KTI bersama Kementerian Perhubungan.



Masalah lain yang dibahas dengan Staf Kemenlu tersebut menurut Budu, adalah berkaitan dengan ‘’green economy’’ (ekonomi hijau), dengan melaksanakan berbagai kegiatan menyangkut bidang pertanian. Misalnya pengembangan sagu, gula aren, padi lokal, garam, dan madu. Kemenlu akan memfasilitasi pengembangan bidang ini.

Halaman:

BACA JUGA