(Foto: 20-an hotel di Makassar membentuk front office association untuk mengantisipasi kurangnya SDM/Minggu, 26 Juni 2016/Sutriani Suthe/GoSulsel.com)

Antisipasi Kurangnya SDM, Karyawan Hotel di Makassar Bentuk FOA

Minggu, 26 Juni 2016 | 14:42 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Sutriani Nina - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com — Menggeliatnya perekonomian di Sulawesi Selatan, khususnya kota Makassar, berimbas pada semakin menjamurnya hotel, baik hotel berbintang maupun non bintang. Apalagi di musim libur panjang seperti libur keagamaan Idul Fitri dan Natal kemudian disambung Tahun Baru, dan bersamaan dengan libur anak sekolah. Jumlah hunian hotel di Makassar diperkirakan akan meningkat 20-30 persen, dibandingkan tahun lalu. Oleh karena itu, maka dibentuklah Front Office Association (FOA).

Pertumbuhan hotel dua tahun terakhir ini juga sangat luar biasa. Investor sudah berani menanamkan modalnya secara besar-besaran untuk mendirikan hotel bintang bertaraf international. Imbasnya secara positif yakni semakin banyak terbuka lapangan pekerjaan dalam bidang perhotelan. Namun, sumber daya yang tersedia dengan latar belakang pendidikan bidang perhotelan sangat kurang.

pt-vale-indonesia

Sehingga, diperlukan banyak training ataupun pelatihan bagi para karyawan perhotelan untuk terus mengasah keterampilannya. Agar standar pelayanan dapat terus terjaga, dan para tamu dapat merasakan kenyamanan pada saat menginap di hotel karena didukung oleh sumber daya manusia yang mumpuni.

Salah satu bidang yang sangat membutuhkan standar tinggi dalam pelayanan yaitu Departemen Front Office, dikarenakan front office merupakan lini depan dalam menyambut tamu yang datang. Hal ini merupakan dasar  utama terbentuknya FOA (Front Office Association) chapter makassar, yang merupakan wadah organisasi para Front Office Manager/Asfom untuk berkumpul dan saling berbagi informasi dan bertukar pikiran mengenai standar pelayanan dan Product knowledge untuk para karyawan Hotel dalam hal ini bidang front office.

Dengan rencana jangka panjang akan rutin secara berkala mengadakan training-training atau pelatihan untuk karyawan hotel khususnya departemen Front Office.

“Asosiasi ini, awalnya terbentuk dari grup Media sosial di BB & WA, komunikasi yang intens terus terjalin dan dengan dukungan dari Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) akhirnya, kami sepakat untuk membentuk secara resmi FOA,” kata Front Office Manager, Ivonne Tumbelaka, Minggu, (26/6).

Halaman: