(Foto: Kadin kembali bahas harga los pasar sentral/Selasa, 12 Juli 2016/Aries Taoemesa/GoSulsel.com)

Harga Los Pasar Sentral Mahal, Kadin: Toko atau Apartemen?

Selasa, 12 Juli 2016 | 18:44 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Aris Taoemesa - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Harga toko New Makassar Mall yang diberikan pihak PT Melati Tunggal Inti Raya (MTIR) kepada pedagang yakni Rp115 juta per meter persegi disebut lebih mahal dari harga sebuah apartemen mewah yang berfasilitas lengkap.

Hal ini diungkapkan oleh Jamaluddin Jafar, ketua tim 9 yang bertugas untuk mengkaji harga toko pasar sentral, saat melakukan pertemuan kajian harga pasar sentral di Gedung BPD Sulsel, Selasa, (12/7/2016).

“Kalau apartemen biasa dijual 15-20 juta permeter persegi sudah lengkap tanah sudah termasuk, dalamnya lengkap sampai kolam renangnya sudah ada dan fasilitas. Kalau pasar tidak dibeli dengan tanahnya, hanya toko yang dalamnya masih kosong,” kata Jamaluddin.

Ia mengatakan bahwa untuk harga Rp115 juta per meter persegi yang dipatok pihak MTIR sangat jauh melambung karena asumsi harga normal bangunan sekarang hanya maksimal 12 juta per meter persegi.



“Asumsi harga bangunan pada tahun 2013 itu sebesar Rp 6.086.000 rupiah per meter persegi dari dinas tata ruang. Kemudian kalau sekarang bisa sampai 12 juta permeter persegi. Nilai bangunan yang ada termasuk fasum dan fasos.” Kata Jamaluddin.

Dia menambahkan bahwa perhitungan sementara ada 4 opsi harga. Dari berbagai perhitungan kasar yang telah dilaksanakan hanya paling besar 58,9 juta per meter persegi.

Halaman: