(FOTO: Toraja International Festival 2016/Kamis, 4 Agustus 2016/Lisna/GoSulsel.com)

Ingin Melihat Langsung Kesenian Sakral Toraja? Hadiri Toraja International Festival 2016

Kamis, 04 Agustus 2016 | 11:44 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Lisna (Toraja Utara) - Go Cakrawala

Toraja Utara, GoSulsel — Toraja Internasional Festival (TIF) 2016 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Agustus 2016 akan menampilkan kekayaan seni nan sakral orang Toraja.

“Event ini nantinya akan menampilkan kesenian sakral Toraja,” jelas Franki Raden, Sang inisiator TIF. Ditambahkannya, bahwa TIF 2016 juga akan menampilkan beberapa kesenian nusantara, di antaranya tarian Pepe-Pepeka ri Makka dari Gowa dan tarian Dayak Hudog dari Kalimantan Timur.

Dirinya berharap dengan memboyong begitu banyak musisi dan seniman, baik dari luar negeri maupun dari ibukota, TIF akan semakin menarik buat wisatawan maupun media massa.

Selain pertunjukan kesenian dan tari ternama dari dalam dan luar negeri, TIF juga akan menyelenggarakan kegiatan lain, di antaranya Lomba Paduan Suara dan Pameran Kerajinan yang akan dipusatkan di Palawa, Kecamatan Sesean.



Siaran pers yang diterima Gosulsel.com dari penyelenggara TIF 2016, menyebutkan para musisi mancanegara dan ibukota ini akan berkolaborasi dengan beberapa seniman Toraja yang menyuguhkan kesakralan budaya Toraja, seperti Pompang, Manganda, Manimbong, Madandan, Pagelu, dan Tominaa.(*)