Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo dengan Direktur UKM Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (Asippindo) disaksikan oleh Menteri Koperasi UKM A.A.G.N Puspayoga di Hotel Grand Clarion, Kamis (10/9/2015). (Foto: Sutriani/GoCakrawala)

40 BUMN Akan Dilibatkan Bina Koperasi

Jumat, 05 Agustus 2016 | 03:37 Wita - Editor: adyn - Reporter: Iin Nurfahraeni - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan melibatkan 40 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang akan dilibatkan dalam membina koperasi di Kabupaten/kota di Sulsel. Nantinya kerjasama ini akan dilakukan dalam bentuk penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan BUMN, yang dilakukan dalam peringatan Hari Koperasi 8 Agustus mendatang di Kabupaten Takalar.

“BUMN ini akan dilibatkan membina koperasi. Antara lain PT Semen Tonasa, BNI, PTPN Pelindo dan KIMA. Mereka ini akan membina agar dapat menjadi Koperasi inti dan unggul” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, Syamsu Alam Ibrahim, Kamis (4/8/2016)

Menurutnya, setelah penandatangana MoU, akan ada pelatihan yang diperuntukkan guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Koperasi dengan trainer yang berkompeten. Namun saat ini untuk detailnya belum bisa dibahasakan karena kebutuhan masing-masing koperasi berbeda.

“Kami belum bicarakan bentuk dukungan BUMN yang diberikan untuk koperasi, apakah modal atau apa. Karena Kebutuhan tiap-tiap koperasi berbeda,” paparnya.



Selain itu Syamsu menyebutkan akan menunjuk koperasi inti dengan syarat lokasinya berada di ibukota Kabupaten, omset Rp 9 miliar, aset Rp 1 miliar, Rapat Anggota Tahunan (RAT) lancar dan anggotanya mencapai 500 orang.

Sementara, Ketua Panitia Peringatan Hari Koperasi Tingkat Provinsi, Rusni Kasman, mengatakan, Peringatan Hari Koperasi di Takalar akan dihadiri Menteri Koperasi dan Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Pusat.

Kegiatan ini diagendakan akan dihadiri oleh seluruh koperasi dari 24 Kabupaten/kota di Sulsel.

“Sehari sebelum acara, tanggal 7 Agustus, akan dilaksanakan gerak jalan santai, pasar murah, bakti sosial, hingga workshop,” papar Rusni.


BACA JUGA