(FOTO: Kedai Baca Sipakainga di Jl Veteran Makassar menyediakan bermacam buku dan tabloid terbitan lama/Jum'at, 5 Agustus 2016/Ahmad Syadiq/GoSulsel.com)

Rasakan Sensasi Kembali ke Masa Lalu di Kedai Baca Sipakainga 43

Jumat, 05 Agustus 2016 | 17:17 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Ahmad Syadiq - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Jika anda melewati Jl Veteran Utara, cobalah untuk singgah di Kedai Baca Sipakainga 43, sebuah warung kopi sederhana namun memiliki nilai yang luar biasa.

Saat pertama masuk anda akan disambut dengan wajah Albert Einstein dengan tulisan “Eistein saja punya waktu untuk membaca, mengapa anda tidak?”. Dan juga tulisan di atas pintu “Sudahkah anda membaca hari ini”.

Sesuai namanya, kedai yang hanya menghadirkan menu kopi dan beberapa gorengan ini mempunyai ribuan buku yang bisa dibaca oleh pengunjung yang datang. Berdasarkan pantauan Gosulsel.com, Kamis (4/8/2016) terdapat berbagai jenis buku di tempat ini mulai novel, roman, buku-buku sosial, agama, politik, ekonomi, dan sastra. Buku-buku tersebut tersusun rapih di lemari-lemari buku yang ada.

Sebagian besar buku-buku ini terlihat sudah menguning, pertanda umurnya sudah tua. Hal tersebut diakui oleh pemilik kedai, Anwar Amin, atau yang lebih akrab disapa Daeng Anwar. Dia mengatakan bahwa buku-buku koleksinya memang merupakan buku-buku terbitan tahun 1960 – 2000. Buku-buku tersebut adalah pemberian dari orang tuanya waktu kecil.

“Kebanyakan buku ini pemberian ayah saya waktu saya kecil. Jadi orang tua saya dulu itu kalau kami dapat rangking di sekolah, dia bukan membelikan mainan tapi belikan kita buku”, ujar Daeng Anwar kepada Gosulsel.com, Kamis (4/8/2016).

Selain buku-buku, kedai ini juga punya koleksi majalah-majalah yang terjilid dengan rapi. Majalah-mejalah tersebut seperti Times, Tempo, dan lain sebagainya dari edisi-edisi lama.

Halaman: