Bupati Kepulauan Selayar, Muhammad Basli Ali.

Selayar Diusulkan Jadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sektor Pariwisata

Sabtu, 06 Agustus 2016 | 22:10 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Iin Nurfahraeni - GoSulsel.com

Selayar, GoSulsel.com — Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, Muhammad Basli Ali, mengatakan telah mengusulkan daerahnya agar dapat dijadikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) khusus sektor pariwisata.

Pengusulan Selayar sebagai KEK dilakukan setelah Basli melakukan pertemuan langsung dengan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, beberapa bulan lalu. Ini dilakukannya karena melihat potensi pariwisata Selayar sangat besar, namun butuh perhatian khusus.

“Respon pemerintah pusat sangat bagus, bahkan telah menurunkan tim mensurvei langsung dan melakukan inventarisir. Kami harapkan setelah ditetapkan maka pembangunan ke daerah bisa merata, dan beberapa keuntungan lainnya,” beber Basli, di Rumah Jabatan Bupati, Sabtu (6/8/2016).

Ia menjelaskan saat ini pihaknya telah menyiapkan lahan di dua kecamatan yaitu Bontoharu dan Bontosikuyuang seluas 500 hektar, untuk dikembangkan oleh para investor karena kawasan ini memiliki daya tarik wisata bahari dengan pantai indah, tawaran kuliner, dan wisata adat.



“Kami harapkan dengan ditunjuk KEK, akan banyak keuntungan yang dapat diperoleh selain masalah pembangunan, lapangan kerja terbuka, dan PAD bisa meningkat,” ungkapnya.

Basli menjelaskan, saat ini sudah ada beberapa investor yang tertarik membangun resort di kawasan ini.

“Kami harap, dapat bantuan ┬ádari pemerintah pusat terutama untuk bandara Aroepala yang terus dikerjakan,” paparnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang, meminta pemerintah kabupaten Kepulauan Selayar untuk mengembangkan wisata bahari, karena daerah ini memiliki keindahan biota laut dan pantai yang cantik.

“Potensi wisata bahari di sini sangat menarik dan indah terutama biota laut dan pantainya, untuk itu saya minta Bupati Selayar, Muhammad Basli Ali benar-benar memperhatikan ini, sehingga bisa menarik wisatawan lebih banyak untuk berkunjung di Selayar,” kata Agus.(*)