Birokrat & Politisi Antisipasi Koalisi TNI di Pilgub Sulsel

Senin, 08 Agustus 2016 | 12:42 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Bakal calon Gubernur Sulsel dari kalangan birokrasi dan berlatarbelakang politisi perlu mengantisipasi bakal calon kalangan eks Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pasalnya menguatnya koalisi TNI di tubuh partai politik besar kemungkinan akan terjadi di Pilgub Sulsel 2018 mendatang.

Hal ini diungkapkan Pengamat Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Jayadi Nas. Dia mengatakan peluang koalisi partai dengan background TNI sangat dimungkin akan terjadi untuk mendorong eks TNI seperti Mayjen TNI (Purn) Tanribali Lamo. Hal ini semakin menguat dengan didorong Tanribali untuk menjabat Pelaksana tugas (Plt) Golkar Sulsel.

“Ini tidak akan dijadikan dasar tetapi yang paling  dasar visi misi pengabdian kepada masyarakat. Akan tetapi jika ada di internal mereka (TNI) sepanjang itu mau mengabdi kepada masyarakat, tentu mereka akan lebih mendorongnya,” kata Jayadi kepada GoSulsel.com saat dihubungi, Senin (8/8/2016).

Lanjut dia, Hal ini Itu tentu akan dilihat dari tingkat popularitas dan elektabilitas di masyarakat. Karena pada dasarnya juga partai politik juga akan melihat dengan rujukan seperti itu. Sehingga kalau ada Purnawirawan TNI yang berpeluang tentu akan didorong.



Diketahui partai dengan Background TNI ini yakni Gerindra, Demokrat, dan Golkar dimungkinkan akan menyatukan kekuatan mendorong Tanribali di Pilgub Sulsel mendatang.” Ini bisa saja terjadi jika memiliki visi misi yang sama, mendorong calon nanti,” ungkapnya.(*)