7 Sektor Pengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Sulsel 2016

Rabu, 10 Agustus 2016 | 11:39 Wita - Editor: Baharuddin - Fotografer: Erik Didu - Go Cakrawala

Makassar,Gosulselcom – Triwulan II 2016 ekonomi Sulsel tumbuh sebesar 8,1% year on year, berada diatas pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,2% year on year. Ada 7 Sektor punya berperan besar mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Sulsel.

Adalah, sektor yang menjadi motor pertumbuhan ekonomi Sulsel di 2016 adalah sektor Jasa Keuangan, Sektor Perdagangan, sektor konstruksi, sektor Industri pengolahan, penyediaan akomodasi dan makan minum, Sektor Listrik gas, dan administrasi pemerintahan.

“Meningkatnya pendapatan masyarakat dibarengi dengan keyakinan konsumen yang semakin kuat terhadap perekonomian Sulsel dan juga daya beli masyarakat Sulsel juga membaik seiring dengan relatif terjaganya inflasi, menjadikan pertumbuhan ekonomi Sulsel diatas nasional,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat, saat jumpa pers di Cafe The Boss, Jl Botolempangan, Makassar, Rabu,(10/8/2016).

Mencermati perkembangan terkini, apabila tren pertumbuhan sulsel untuk triwulan III dan IV minimal dapat dipertahankan pola selama ini, maka pertumbuhan ekonomi Sulsel pada 2016 diperkirakan tembus diangka 8 persen yang meningkat dari tahun 2015 yakni hanya 7,15%.(*)


BACA JUGA