Logo Tut Wuri Handayani

Siswa SMAN 3 Makassar Bisa Pilih Guru & Wali Kelas Sendiri

Rabu, 10 Agustus 2016 | 15:27 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Ahmad Syadiq - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Tahun ajaran 2016-2017 SMA Negeri 3 Makassar terapkan program siswa bisa memilih guru & wali kelas sendiri serta teman duduk sendiri. Program yang menjadi unggulan Smaga ini diyakini pertama kalinya di Indonesia.

Kepala SMAN 3 Makassar, Mirdan Midding mengatakan, diberlakukan sebagai salah satu solusi penolakan sebagian orang tua siswa tentang program 5 hari belajar yang membuat siswa harus pulang lebih lama. Sehingga sekolah mencari cara agar siswa tidak bosan berlama-lama disekolah.

“Jadi siswa guru sendiri itu sebagai salah satu solusi dari penolakan sebagian masyarakat terhadap program 5 hari belajar. Maka diciptakanlah kondisi yang menyenangkan dalam kelas. Salah satunya itu mereka diajar oleh guru, wali kelas dan duduk bersama teman yang mereka pilih sendiri,” ujar Mirdan kepada Gosulsel.com ketika ditemui di ruangannya, Senin (10/8/2016).

Lebih lanjut, Kepala SMAN 3 Makassar ini menjelaskan proses pemilihan guru dan wali kelas ini dilakukan melalui poling lewat angket yang telah disebar sebelumnya. Guru yang menjadi pilihan terbanyak akan dirangking. Kemudian dilihat mana kelas yang paling banyak memilih guru tersebut.



“By order, jadi misalnya ada 5 guru Matematika. Kita lakukan poling lewat angket yang diisi oleh siswa. Jadi guru yang terpilih kemudian dirangking. Dimana kelas yang paling banyak memilihnya, maka kita tempatkan disitu,” lanjut Mirdan.

Halaman: