Ilustrasi

Pengamat: Jika Aklamasi di Musda Golkar, IYL Punya Peluang Besar

Minggu, 14 Agustus 2016 | 18:19 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com– Pengamat politik Unibos, Arief Wicaksono menjelaskan tradisi aklamasi memang kerap terjadi di partai Golkar. Mulai dari pemilihan di tingkat DPP sampai DPD, seperti yang terjadi pada Aburizal Bakrie dan Syahrul Yasin Limpo.

“Bisa dikatakan kalau aklamasi itu adalah trademark dari Golkar. Hal ini menunjukkan sikap dewasa seluruh kader Golkar, yang bisa menerima hasil munas atau musda, bahkan sebelum pelaksanaannya. Jika aklamasi terjadi di Musda, maka peluang lebih besar ke IYL,” kata Arief, Minggu (14/8/2016).

Arief beralasan jika Ichsan memiliki peluang lebih besar dibanding Moh Roem, seba mantan bupati Gowa ini dinilai intens melakukan komunikasi dengan DPD II. Tak hanya itu, kepentingan untuk maju di Pilgub Sulsel 2018 menjadi salah satu alasan terbesar juga.

“Golkar secara strategik harus menunjukkan kekompakan dan kedewasaan di depan partai lainnya. Pemilihan Ichsan secara aklamasi bisa menguntungkan Golkar secara organisasi, apalagi saat ini banyak kader yang mengancam meninggalkan partai,” tambahnya.



Sementara itu, pengamat politik UIN, Firdaus Muhammad, mengungkapkan jika proses aklamasi masih menunggu ketegasan politik dari Moh Roem. Sekiranya mantan bupati Sinjai ini serius untuk maju dan melakukan konsolidasi maka proses aklamisi sangat sulit dilakukan.

Halaman: