Logo Tut Wuri Handayani

Verifikasi Nilai Aset SMA/Sederajat Butuh Anggaran Rp1 M

Minggu, 14 Agustus 2016 | 17:21 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Proses verifikasi terhadap aset Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang telah diserahkan dari kabupaten/kota ke provinsi terus berjalan. Dimana Biro Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) membutuhkan dana minimal Rp1 milliar untuk proses ini.

Kepala BPAD Sulsel, Ahmadi Akil mengatakan anggaran ini diperlukan untuk melakukan pengecekan langsung tiap sekolah. Terlebih untuk proses ini, menurut aturan harus dilakukan oleh tim tertentu baik dari swasta maupun lembaga penialai aset milik pemerintah.

“Setidaknya kita butuh Rp1-3 milliar untuk pengecekan langsung. Anggaran ini sudah diiyakan oleh Pak Sekda di APBD-perubahan. Kalau ini sudah pasti kami akan segera turun ke lapangan,” kata Ahmadi Akil, saat ditemui di ruangannya, kemarin.

Proses verifikasi ini sangat penting dan harus dilakukan dengan teliti. Sebab menurut Ahmadi, jika terjadi kesalahan dalam pencatatan yang akan dimasukkan ke neraca aset milik pemprov bisa berimbas ke pemeriksaan oleh BPKP dan mempengaruhi wacana WTP yang sudah enam kali diterima.



Tak hanya itu, dari data sementara pihaknya mencatat nilai aset yang saat ini sudah ada datanya mencapai Rp9 triliun lebih. “Sisanya 50 persen belum memiliki nilai. Kalau di kali dua jumlah penambahan aset pemprov mencapai Rp18 T,” jelasnya.

Halaman: