Makassar Kota Dunia Bakal Jadi Unik di Mata Dunia

Selasa, 16 Agustus 2016 | 22:04 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Ahmad Syadiq - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Peneliti Tanah Hindie dan juga Direktur Komunitas Baca Kampung Buku menilai Makassar sangat memungkinkan untuk didorong sebagai kota literasi. Hal tersebut disampaikannya usai P2MB Fisip Unhas, Selasa (16/8/2016) di Taman Sospol Universitas Hasanuddin, Makassar.

“Sebenarnya sangat mungkin yah karena yang pertama kita punya warisan I Laga Ligo. Kemudian beberapa peneliti membaca bahwa tradisi lontara sudah berlangsung sejak lama disini,” ujar Kak Jim, sapaan akrab Anwar Jimpe Rachman.

Jim juga mengatakan tak ada hambatan yang cukup berarti dalam mewujudkan Makassar Kota Literasi, hanya tinggal bagaimana pemerintah memayungi dengan beberapa kebijakan.

“Kebijakan itu misalnya harga buku yah, ada kebijakan sendiri. Contoh kecil kalau misalnya siswa ingin membeli buku itu ada diskon tersendiri di toko buku tertentu toh,” lanjutnya.



Makassar sebagai Kota Literasi juga dinilai Jim akan membuat Makassar lebih unik di mata kota dunia. Karena Literasi akan memberi kesan bahwa suatu kota sudah dibangun sejak lama.

“Kalau Makassar Kota Dunia ini didorong, itu saya kira akan membuat Makassar menjadi unik di mata kota lain atau di mata kota dunia. Karena literasi akan memberi kesan bahwa suatu kota sudah dibangun sejak lama,” pungkasnya.(*)