(FOTO: Toraja International Festival 2016/Kamis, 4 Agustus 2016/Lisna/GoSulsel.com)

Meriahkan Toraja International Festival, Artis Mancanegara Telah Tiba di Toraja

Selasa, 16 Agustus 2016 | 10:31 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Lisna (Toraja Utara) - Go Cakrawala

Toraja Utara, GoSulsel.com -– Event Toraja International Festival (TIF) 2016 yang akan digelar di Toraja, 17-19 Agustus 2016 menghadirkan bermacam penampilan dari artis dan seniman.

Kegiatan berlangsung selama tiga hari tersebut, berbeda dengan tahun lalu. Dimana tahun sebelumnya dilaksanakan hanya di satu tempat yakni di perkampungan adat desa tua Ke’te’ Kesu’, namun tahun ini diadakan di satu lokasi lagi yakni Palawa’.

“Tahun ini ada dua lokasi kegiatan TIF di Toraja yakni di desa tua Ke’te’ Kesu’ dan Palawa’,” kata Panitia TIF, Franky S Notosudirjo, Selasa (16/8) melalui telepon selulernya.

Saat ini semua tim pelaksana tengah melakukan persiapan. Franky mengatakan event ini akan diramaikan sejumlah musisi ternama baik lokal maupun mancanegara. Antara lain, Glenn Fredly dan groupnya, Vieux Cissokho dan Maryam Kouyate dari Senegal, Helga Sedli dari Hongaria, Tony Jayatissa dari Malaysia dan Kuwait Tune dari Middle East. “Vieux Cissokho dan Maryam Kouyate dari Senegal sudah ada bersama kita di toraja, Glenn Fredly dan lainnya sementara dalam perjalanan,” ucapnya.



“Ini merupakan agenda tahunan untuk memperkenalkan pariwisata yang ada Toraja dan ada beberapa musisi yang ikut meriahkan kegiatan ini,” singkat Franky Raden, sapaan akrab pria yang mengenyam ilmu soal Ethnomusicology with minors in Performance Art and Southeast Asian Studies, University of Wisconsin-Madison, U.S.A ini.

Selain musisi, juga akan ditampilkan kesenian-kesenian sakral dari Tana Toraja maupun dari Gowa tarian Api Pepe-Pepe Ba’ina . “Saya berharap dengan memboyong begitu banyak musisi dan seniman baik dari luar negeri maupun dari ibukota, TIF akan semakin menarik buat wisatawan,” harapnya.

Halaman: