Pusat Penelitian & Pengembangan Kakao Dibangun di Pangkep

Jumat, 19 Agustus 2016 | 13:18 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com – Salah satu komoditas unggulan Sulawesi Selatan adalah kakao. Untuk mendukung peningkatan produksi Pemprov mengandeng perusahaan swasta untuk mendirikan pusat penelitian dan pengembangan kakao di Kabupaten Pangkep.

Direktur PT Mars Symbioscience Indonesia, Dani Priyono mengatakan pihaknya bersama pemprov Sulsel telah menandatangani nota kesepahaman terkait pengembangan kakao di Sulsel. Salah satunya pembangunan fasilitas penelitian di lahan seluas 94 hektar di Kelurahan Watangsalo, Kec Marrang, Pangkep.

“Untuk investasi awal kita siapkan 3-4 juta US Dollar. Pangkep kita pilih karena sangat strategis dan akses yang mudah dijangkau. Rencananya akan dibangun dua atau tiga bulan ini, apalagi lahannya sudah siap,” kata Dani usai bertemu Wagub Sulsel, Jum’at, 19 Agustus.

Pusat penelitian ini, menurut Dani akan dilengkapi laboratorium penelitian tanah, pengembangan bibit kakao, pemberantasan hama dan pemberian pupuk. Sebelumnya PT Mars sudah membangun satu pusat penelitian di Tarengge, Luwu Timur dengan lahan 30 hektar.(*)