(FOTO: Anjing spesialis penyelamat milik Polda Sulsel bernama Archie/Sabtu, 20 Agustus 2016/Fauzan Sulaiman/GoSulsel.com)

Anjing Spesialis Penyelamat Milik Polda Sulsel Ini Seharga Mobil Honda HR-V Baru

Sabtu, 20 Agustus 2016 | 17:49 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Fauzan - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Anjing jenis pointer bernama Archy, dari Satuan Polisi Satwa, K-9 Squad, Direktorat Sabhara Polda Sulsel, adalah anjing spesialis penyelamat milik kepolisian yang telah menyelamatkan banyak nyawa pendaki gunung yang hilang dan korban bencana alam.

“Archy itu spesialis Search And Rescue (SAR), anjing jenis pointer ini sangat handal dalam mencari orang hilang dan mencium bau mayat,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Frans Barung Mangera, saat ditemui di depan Dit Sabhara Polda Sulsel, Mapolda Sulsel, Jl. Perintis Kemerdekaan KM 16, Sabtu (20/8/2016).

Archy, Kata Frans Barung, sebelumnya bertugas di Mabes Polri. Saat ini ditugaskan di Polda Sulsel. Selama di Polda Sulsel, Archy sempat diturunkan beberapa kali saat pencarian orang hilang di Gunung Bawakaraeng. Bahkan Archy sempat ditugaskan ke Palembang saat terjadi bencana alam di sana.

Anjing jenis Pointer ini berasal dari Inggris, ia bertubuh atletis dan tinggi. Staminanya pun tak perlu diragukan, daya jelajahnya sangat luas, ketajaman penciumannya bahkan sangat handal. Anjing asal inggris ini mampu membedakan 273 jenis bau.



“Penciumannya kuat. Radiusnya sampai 2 Kilometer bahkan jika dia kelelahan dan dalam cuaca dingin penciumannya tetap tajam,” terang Frans Barung.

Frans Barung menambahkan bahwa anjing yang bertugas di bagian Polisi Satwa ini hanya ada dua di Indonesia. Selain Archy yang berada di Polda Sulsel ada satu ekor lagi di Polda Maluku.

Anjing Pointer, lanjut Frans Barung, termasuk anjing yang tahan terhadap penyakit dan tidak sensitif terhadap cuaca. Makanya tidak susah untuk melakukan perawatan terhadap anjing ini. Harganya pun cukup mahal, mencapai Rp350 juta, selisih beberapa juta dengan mobil Honda HR-V terbaru.(*)