Sekda Sinjai Harap Kebijakan Pembangunan RAPBN 2017 Merata ke Semua Daerah

Sabtu, 20 Agustus 2016 | 22:54 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Iin Nurfahraeni - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Taiyeb A. Mappasere, menyambut baik kebijakan RAPBN 2017, di mana salah satu poinnya berfokus pada pembangunan infrastruktur. Untuk itu ia pun berharap pembangunan bisa merata untuk semua daerah.

“Kami harapkan kebijakan RAPBN 2017, akan mampu mempercepat pembangunan daerah terutama infrastruktur. Selama ini pembangunan infrastruktur membutuhkan dana yang besar, sehingga ketika kebijakan pemerintah ini dikeluarkan bisa berakselerasi dengan bidang lain,” kata Taiyeb, saat berbincang dengan GoSulsel.com Sabtu (20/8/2016).

Menurutnya, jika berharap pada APBD saja sangat susah karena jumlahnya yang tidak banyak. Selain itu juga ia berharap kebijakan RAPBN ini bisa menggerakkan perekonomian di daerah.

Untuk itu, Taiyeb berharap pembangunan di daerah bisa merata. Jangan sampai kebijakan ini hanya untuk sebagian daerah saja. “Kami juga saat ini terus melakukan penyesuaian, bahkan untuk APBD mulai mengutamakan belanja modal setelah belanja pegawai dan operasional,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan 3 kebijakan RAPBN 2017 yaitu mengenai kebijakan perpajakan untuk mendukung ruang gerak perekonomian, kedua terkait belanja yang menekankan pada peningkatan kualitas belanja produktif dan prioritas. Antara lain yakni fokus untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur, perlindungan sosial, subsidi yang lebih tepat sasaran, dan penguatan desentralisasi fiskal.(*)