(FOTO: Ayam Ungkep jadi menu baru di jajaran kuliner Makassar/Rabu, 24 Agustus 2016/Andi Nita Purnama/GoSulsel.com)
#

Kuliner Makassar Makin Kaya dengan Kehadiran Ayam Ungkep Super Spicy

Rabu, 24 Agustus 2016 | 12:34 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Satu lagi kuliner Makassar yang wajib kawan traveliner coba. Dari beragam jenis masakan olahan ayam yang menjadi favorit masyarakat, Ayam ungkep hadir mengisi deretan kuliner Makassar dengan citarasa khas.

Di Makassar sendiri, terdapat banyak masakan dengan bahan dasar ayam. Namun hal tersebut membuat orang-orang penasaran dengan Ayam ungkep yang berasal dari tanah Jawa ini.

Ayam ungkep adalah masakan khas pulau Jawa yang kini dapat ditemukan di Pulau Sulawesi. Kuliner ini terkenal sedap karena bumbu ayamnya yang meresap sampai ke dalam. Ditambah lagi daging ayamnya yang empuk.

Ibu Iin, pemilik Rice Chicken, menyajikan ayam ungkep dari Bogor. Berlokasi di Jalan Tala’ Salapang (ujung Tala’ Salapang 1), rumah makan yang bernama Rice Chicken ini ramai dikunjungi.



Ayamnya yang enak ditambah harganya yang ramah di kantong, membuat kebanyakan pelanggannya adalah mahasiswa. Tempatnya juga nyaman untuk sekedar makan siang maupun nongkrong sambil mengerjakan tugas.

“Ayam ungkep hampir mirip ayam penyet. Cuma dia diungkep dulu dengan bumbu terus digoreng. Bumbunya dari Bogor,” ujar pemilik Rice Chicken, Ibu Iin, kepada GoSulsel.com, Selasa (23/8/16).

Bosan dengan olahan ayam? Tenang. Di sini juga tersedia Ikan ungkep. Sama dengan ayam ungkep, Ikan ungkep di tempat ini juga memiliki tekstur daging ikan yang empuk dan bumbu yang meresap sampai ke dalam daging. Rasanya tidak kalah dengan rumah makan mewah di Makassar.(*)