ilustrasi
#

Maju di Musda Golkar Sulsel, Yagkin Padjalangi Kantongi 5 Dukungan DPD II

Rabu, 24 Agustus 2016 | 19:32 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar Sulawesi Selatan, Yagkin Padjalangi, yang juga calon ketua DPD I Golkar Sulsel, mengklaim telah mengantongi dukungan 5 DPD II untuk bertarung merebut pucuk kepemimpinan di Musyawarah Daerah (Musda) partai Golkar Sulawesi Selatan.

“5 DPD siap mendukung. Daerah Bosowa,” singkat Yagkin saat ditanya mengenai syarat dirinya maju sebagai calon ketua umum, Rabu (24/8/2016).

Namun Yagkin tidak menjelaskan 5 DPD II mana saja yang telah mendukung dirinya untuk bertarung dengan nama lainnya di Musda nanti. Karena daerah Bosowa hanya meliputi Bone, Soppeng, Wajo. Sementara ia tidak menyebutkan 2 daerah lainnya.

Diketahui sesuai Petunjuk Pelaksana (Juklak) DPP Partai Golkar dengan nomor Juklak-5/DPP/GOLKAR/VI/2016 tentang perubahan Juklak-4/DPP/GOLKAR/VII/2015 partai Golkar di Daerah. Dalam ketentuan tersebut, mengatur tentang  syarat bakal calon ketua DPD I Golkar.



“Sekurang-kurangnya didukung oleh 30 persen pemegang hak suara,” bunyi point 2 pada Juklak tersebut.

Sehingga untuk memenuhi syarat dukungan 30 persen dengan jumlah hak suara sebanyak 30 suara, maka setiap bakal calon yang maju menjadi calon harus mengantongi sekurang-kurangnya 9 rekomendasi dukungan dari DPD II atau pemilik suara lainnya yakni organisasi pendiri, dan didirikan serta organisasi sayap partai.(*)