(FOTO: Lawa jantung pisang, masakan khas Luwu di RM Aroma Luwu/Andi Nita Purnama/GoSulsel.com)
#

Serupa Makanan Jepang, Lawa Jantung Pisang Khas Luwu Tak Kalah Nikmatnya

Rabu, 24 Agustus 2016 | 17:30 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel — Luwu Timur memiliki kekayaan kuliner yang beragam. Salah satu yang unik yaitu Lawa. Makanan yang satu ini hampir mirip dengan masakan Jepang, shusi dan shasimi, karena menggunakan daging ikan segar yang tidak dimasak sebelumnya.

Lawa yang khas di Luwu Timur yaitu Lawa jantung pisang. Dibuat dari daging ikan mairo segar. Setelah dibersihkan dipisah dari tulangnya. Daging ikan mentah tersebut dimatangkan dengan menyiramnya dengan air panas yang diberi perasan air jeruk nipis, lalu dicampur dengan irisan jantung pisang yang diberi garam dan kelapa goreng.

Rasa asam, gurih, dan pedas berpadu dalam sepiring lawa jantung pisang. Sajian ini paling enak disantap dengan ikan parede dan dange. Kolaborasi yang pas pada kuliner khas Luwu.

Di Makassar, terdapat beberapa rumah makan yang menawarkan Lawa jenis ini. Salah satunya RM. Aroma Luwu. Berlokasi di Jalan Rajawali dengan beberapa cabang di Kota Makassar. Di tempat ini, terdapat banyak menu pilihan.



“Semua menunya tergolong recommended,” ujar pemilik RM. Aroma Luwu, Ibu Susan, kepada GoSulsel.com, Selasa (23/8/16).

Lawa jantung pisang dapat Anda nikmati dengan harga Rp 18 ribu, Dange Rp 5 ribu. Cukup terjangkau bukan? Patut dicoba.(*0