PLTSa Makassar Jadi Prioritas Pemerintah

Senin, 29 Agustus 2016 | 15:16 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com – Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di TPA Antang mendapat perhatian dari pemerintah pusat.Makassar bersama Tangerang menjadi dua kota prioritas pembangunan PLTSa dari tujuh kota yang masuk dalam skema nasional.
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan sejak wacana pembangunan PLTSa pada akhir tahun lalu, hingga kini 58 investor dari berbagai negara semisal Amerika Serikat, Jerman, Korea, Polandia, dan Cina telah mempresentasikan proposalnya.
“Total investasi yang masuk mencapai Rp2 triliun. Sejauh ini sudah ada beberapainvestor seperti Cina yang siap menghasilkan 21 megawatt, Korea dan Amerika bisa sampai 80 megawatt,” kata Danny, saat ditemui di kantor Gubernur Sulsel, Senin 29 Agustus.
Oktober tahun ini, pemerintah kota Makassar akan menggelar tender investasi bagi pembangunan PLTSa, dan di bulan Desember telah ada pemenang tender yang dapat segera melakukan survei lokasi.
Untuk lokasi, pemkot telah menyediakan 10 hektar lahan di sekitar TPA Antang. Melalui APBD perubahan 2016, telah dianggarkan dana pembebasan lahan seluas 2,5 hektar dan sisanya akan dilakukan di APBD 2017 mendatang.

Halaman: