Universitas Bosowa (Unibos)

Unibos dan Menristekdikti Hadirkan 60 Civitas Akademik Ikuti Workshop

Senin, 29 Agustus 2016 | 20:36 Wita - Editor: adyn - Reporter: Citizen Reporter

Makassar, GoSusel.com – Dalam rangka meningkatkan keterampilan dosen untuk melakukan penulisan karya ilmiah terkait publikasi jurnal internasional, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bosowa bersama Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam hal ini Direktorat Riset dan Pengembangan Masyarakat memberikan arahan melalui Workshop dan Klinik Penulisan Manuskrip untuk Peningkatan Kualifikasi Dosen pada Senin, (29/08).

Workshop ini dilaksanakan di Grand Asia Hotel Makassar yang akan berlangsung selama tiga hari hingga 31 Agustus 2016. Melihat saat ini peran Perguruan Tinggi sebagai salah satu penghasil Sumber Daya Manusia yang berkualitas, workshop ini diadakan dengan arahan agar keluaran yang dihasilkan dari setiap perguruan tinggi memiliki kompetensi untuk dapat bersaing dalam era global salah satunya melalui publikasi jurnal internasional yang berkualitas dan bereputasi.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Rektor Unibos saat ditemui setelah meresmikan kegiatan tersebut. “Kita mengharapkan bagaimana hasil dari penelitian harus dijurnalkan karena jurnal merupakan wujud dari suatu penelitian sebagai output. Sebab pada dasarnya penelitian tidak dipblikasi jika tidak dibentuk menjadi sebuah jurnal. Maka dari itu workshop ini akan sangat membantu pada Dosen peneliti untuk mengetahui bagaimana sebuah jurnal yang berkualifikasi internasional. Hingga nanti dengan hadirnya 60 peserta juga akan menghasilkan 60 jurnal yang berkualitas”, tegas Prof. Saleh Pallu.

Tidak hanya itu, etika dan tata cara penulisan jurnal juga menjadi fokus pembahasan dalam workshop ini agar jurnal-jurnal yang dihasilkan dapat terkualifikasi dengan baik.



Kegiatan ini menghadirkan 60 civitas akademik dari beberapa universitas di Sulawesi dan universitas dari luar pulau. Diantaranya seperti Universitas Cokroaminoto Makassar, Universitas Hasanuddin Makassar, UKIP Makassar, UNISMUH Makassar, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Negeri Makassar, Universitas Sawerigading Makassar, STIMIK Dipanegara, Politeknik Negeri Manado, Universitas Alkhairaat Palu, Universitas Halu Oleo, Universitas Dayanu Ikhsan Bau-Bau, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Khairun Ternate, Universitas Papua, Universitas Pattimura, Universitas Sulawesi Barat, Universitas Sulawesi Tenggara, Universitas Tadulako, Universitas Tomakaka Mamuju, Universitas Cendrawasih dan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep. (*)