Warga mengantri air bersih yang di belinya di rumah warga di kawasan Sultan, Abdullah, Makassar, Kamis 15 Oktober. GO CAKRAWALA/ ZUL KIFLI

Pipa PDAM Bocor di Malengkeri, Pasokan Air ke Utara Makassar Berkurang

Selasa, 30 Agustus 2016 | 22:58 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Iin Nurfahraeni - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Sejumlah warga yang tinggal RW 03 dan 04, Kelurahan Camba Berua, Kecamatan Ujung Tanah, mengeluhkan masalah pasokan air bersih yang tidak mengalir sejak beberapa hari.

Kepala Bagian Humas PDAM Kota Makasar, Idris Tahir, mengakui saat ini kondisi pasokan air di daerah tersebut memang sedang bermasalah disebabkan pipa pengantar air baku yang berdiamerer 600 mm di daerah Malangkeri pecah dan bocor.

“Ini mengakibatkan sehingga Instalasi pengolahan air (IPA) 2 panakkukang, pasokan airnya terhenti sehingga subsidi air ke daerah utara mengalami masalah. Kami sementara dalam proses pembenahan dan perbaikan,” kata Idris, Selasa (30/8/2016).

Ia menjelaskan pasokan pasokan air dari Bendungan Lekopaccing telah mengalami penyusutan hingga 40%, sehingga debet air yang ingin diproduksi otomatis berkurang. Untuk mengantisipasinya, PDAM telah mengusahakan pemasangan pompa air sebagai tambahan air baku yang berada di sungai Moncongloe, Kabupaten Maros.



“Sementara ini kami sudah melakukan persiapan untuk memasang pompa air, di sungai Moncongloe kabupaten Maros, mudah mudahan cepat selesai, sehingga air bisa normal kembali, kami mohon maaf atas ketidak nyamanan yang dirasakan warga dan dimohon pengertiannya,” jelasnya.

Salah satu warga yang mengeluh, Dg Ngerang, yang tinggal di Kelurahan RW 03 mengeluhkan pasokan air di rumahnya sudah beberapa hari tidak mengalir.

“Hampir tiap tahun kita alami hal yang seperti ini, apalagi kalau masukmi musim kemarau, susahki kalau mau mandi dan mencuci lebih lebih untuk diminum ,” keluhnya(*)


BACA JUGA