Luthfi A Mukty

Mesin Pengolahan Kakao dari Pemkab Luwu Dinilai Mubasir

Senin, 05 September 2016 | 16:23 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Jakarta,GoSulsel.com – Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Luthfi A Mutty menyayangkan adanya bantuan dari pemerintah yang mangkrak tak terpakai di Desa Batu Alang Kecamatan Sabang, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Bantuan tersebut berupa mesin pengolahan kakao dari Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, yang teronggok di sudut perkebunan kakao warga. Dalam sebuah dialog dengan warga pada kunjungan kerjanya, beberapa waktu yang lalu.

Diketahui bahwa spesifikasi mesin pengolahan kakao tidak kompatibel dengan suplai daya listrik di desa tersebut. Alhasil mesin yang seharusnya membantu proses pengolahan malah mubazir tidak terpakai.

“Petani penerima bantuan diketahui bahwa penyebab bantuan itu mubazir karena ternyata pemerintah tidak menyiapkan mereka dengan baik untuk menerima bantuan. Mesin pengolah kakao yang menggunakan listrik, ketika diberikan, listrik belum masuk ke desa ini. Sekarang listrik sudah masuk, tapi dayanya tidak mampu untuk pengoperasian mesin,” paparnya.

Bukan hanya itu, ia juga menemukan bantuan-bantuan yang salah sasaran. Masih di Desa Batu Alang, Luthfi pernah mendapati bantuan mesin pembuatan minyak kelapa dari Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2015.

Halaman:

BACA JUGA