SYL: Sudah Ada Sekitar 700 JCH Ilegal yang Lolos ke Arab Saudi

Senin, 05 September 2016 | 17:02 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com– Ratusan Jamaah Calon Haji (JCH) yang sudah berada di Arab Saudi dan berangkat melalui jalur ilegal di Filipina menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah. Terlebih saat mereka kembali nanti.
Hanya saja, sampai kemarin baik kementerian agama maupun pemerintah provinsi belum memiliki data pasti terkait jumlahnya. Diduga ada ratusan JCH asal Sulsel yang sudah lolos ke tanah suci.
“Ada 2000 lebih kuota lowong yang digunakan oleh jalur ini. Yang ditemukan itu hanya ekornya, berarti ada seribu lebih yang sudah ke Mekkah, dan sebagian besar adalah warga Sulsel,” kata Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Senin (5/9/16).
Meski belum memeliki data pasti, Syahrul memperkirakan ada 700 warga Sulsel yang sudah berangkat. Karena itu, dirinya mulai mencarikan jalan keluar agar ketika kembali mereka tak bersoal lagi.
Selain melakukan komunikasi dengan duta besar Indonesia di Filipina. Syahrul juga berencana mengutus timnya ke sana untuk berkoordinasi dengan pemerintah Filipina.
“Mereka pasti akan langsung di proses dan ditahan, tapi saya sudah dubes kasih lihat saya punya marah. Dalam waktu singkat, Pak sekda akan saya utus orang ke sana bagaimana membangun komunikasi dengan Presiden Filipina,” lanjutnya. (*)