Logo DPRD Makassar
Ilustrasi

Dewan Nilai Anggaran Pendidikan Gratis Terkesan Diperlambat

Selasa, 06 September 2016 | 16:05 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

“Masa semua sekolah swasta khususnya Tsanawiyah hingga bulan 9 September ini belum menerima anggaran itu, kasian mereka, jangan banyak alasan. saya harap Dinas Pendidikan segera membayarkan hak mereka dalam waktu cepat ini,” harap Hamzah Hamid.

Dia manambahkan, Dinas Pendidikan tidak berhak menahan anggaran pendidikan gratis tersebut, hanya dengan status anggaran yang berubah menjadi dana hibah. Justru dengan perubahan status tersebut, menurut Hamzah Hamid, memberikan kelonggaran untuk mengucurkan anggaran dalam waktu dekat.

Tidak hanya itu, Hamzah Hamid mengatakan, temuan Badan Pengawas Keuangan (BPK) yang merekomendasikan pengalihan status anggaran tersebut menjadi dana hibah akan berdampak pada asas pemanfaatan anggaran tersebut.

“Bagus arahannya BPK, supaya tidak terlalu kaku dan memanfaatkan anggaran tersebut secara maksimal dan diperuntuhkan sesuai sasaran,” ungkapnya.

Meski demikian, pihak sekolah sebagai penerima dan pengelolah anggaran pendidikan gratis dilingkup sekolah harus memanfaatkan sebagaimana mestinya.

Halaman: