(FOTO: Karya seni di Kampung Mangasa, Kabupaten Gowa/Sabtu, 10 september 2016/Marwan Paris/GoSulsel.com)

Luar Biasa, Begini Kreasi Masyarakat Gowa dalam Festival Seni Kampung Mangasa 2016

Sabtu, 10 September 2016 | 13:28 Wita - Editor: Muhammad Seilessy - Reporter: Marwan Paris - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Masyarakat Gowa menggelar Festival Seni Kampung Mangasa 2016 di sepanjang jalan Daeng Tata Lama, Kecamatan Mangasa, Kabupaten Gowa. kegiatan dilakukan dari Jumat hingga Sabtu (10/9/2016).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Rumah Seni Kasumba dan Balanipa Project Festival seni Kampung Mangasa 2016 ini, merupakan rangkaian kegiatan seni yang dilaksanakan di wilayah Kelurahan Mangasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Crative Directur┬áRumah Seni Kasumba dan Balanipa, Abi mengatakan kegiatan yang dilakukan ini, bukanlah yang pertama kali dilaksanakan. Tahun 2015 lalu, telah diadakan sebelumnya. Awalnya bernama Kasumba Art on Street Festival, dengan mengusung konsep ‘festival seni jalanan’. Kesenian yang ditampilkan mencakup seni rupa seperti lukisan dan mural, juga seni pertunjukan seperti musik dan tari tradisional.

Ia pun menambahkan, Tahun ini, Art On Street Festival berubah nama menjadi Festival Seni Kampung Mangasa, dengan maksud meningkatkan partisipasi masyarakat Mangasa secara menyeluruh, bukan sebagai penonton, tapi bekerja bersama mulai dari proses persiapan hingga pelaksanaan acara.

“Acara ini sebenarnya bertujuan melibatkan secara aktif seluruh komponen masyarakat yang ada disekitar kampung Mangasa. Dari yang muda hingga yang tua untuk terlibat langsung dalam festival. Secara menyeluruh bukan sekedar sebagai penonton, namun juga terlibat bersama mulai dari proses persiapan hingga pelaksanaan acara”, paparnya kepada Gosulsel.com di kediaman Rumah Seni Kasumba, Sabtu (10/9).

Halaman: