Rombongan Datu Malaysia disambut dengan tarian khas Makassar.

Rombongan Datu Malaysia Disambut dengan Sejumlah Tarian Khas Makassar

Sabtu, 17 September 2016 | 23:42 Wita - Editor: adyn - Reporter: Ahmad Syadiq - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Sejumlah kesenian Bugis Makassar ditampilkan dihadapan rombongan Datu dari Malaysia, Sabtu (17/9/2016) di Hotel Aryaduta, Jl Penghibur Makassar. Kedatangan rombongan Datu dari Malaysia ini bermaksud untuk penandatanganan MoU pembuatan film terkait sejarah Kerajaan Makassar, Tallo dan Gowa serta Malaysia.

Saat memasuki lokasi tempat berlangaungnya kegiatan, Rombongan Datu dari Malaysia ini langsung disambut dengan tarian 4 etnis. Kemudian dilanjutkan dengan kesenian Mapparigi To Barania oleh sejumlah pemuda derpakaian adat Bugis Makassar.

Kesenian Mapparigi To Barania sendiri menggambarkan betapa kentalnya loyalitas punggawa dan kesatria kerajaan Bugis Makassar, dimana dalam tarian tersebut para pemuda ini menunjukkan atraksi debus dengan menusukkan badi’ ke arah perut, lengan dan pundak.

Setelah itu ditampilkan tarian Pepe-pepeka Ri Makka, dimana sejumlah pemuda menampilkan aksi kekebalan tubuh dengan api. Beberapa peserta pun diajak untuk mencoba memainkan tarian ini, termasuk Dato Seri Rozaini Binti Nawawi salah satu rombongan Datu dari Malaysia yang juga Presiden Kebudayaan Malaysia Makassar.

Berikut foto-fotonya:

Halaman: