Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Pansus Tolak Ususlan Pemisahan 3 Dinas dari Pemprov Sulsel

Senin, 19 September 2016 | 16:19 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com– Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) organisasi perangkat daerah yang telah memasuki pembahasan di panitia khusus (pansus) DPRD Sulsel, ternyata banyak mengalami perubahan.
Ketua Pansus, Andi Yagkin Padjalangi mengakui beberapa usulan pemerintah provinsi, ditolak pihaknya dalam 3 kali rapat pembahasan yang dilakukan. Terutama mengenai pemisahan beberapa dinas.
“Pemprov mengusulkan ada pemisahan di Dinas Perinduastrian dan Perdagangan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, tapi kita tolak,” katanya, Senin, 19 September.
Satu-satunya pemisahan yang disetujui oleh Pansus adalah Dinas Perhubungan dan Kominfo, yang akan terbagi menjadi dua dinas. Selebihnya, pembahasan cenderung mengikuti usulan dari pemprov.
“Yang menjadi perhatian kita adalah sektor pertanian, dimana kemendagri hanya membolehkan 2 dinas. Kita minta tetap 3, yaitu pertanian, peternakan dan perkebunan, ini masih menunggu proses konsultasi di kemendagri,” jelasnya.(*)