(FOTO: Ritual adat Pattaungeng di Kabupaten Soppeng/Selasa, 20 September 2016/Muhammad Yusuf/GoSulsel.com)

Mengintip Ritual Adat Pattaungeng, Melarung Kepala Sapi di Lejja Soppeng

Selasa, 20 September 2016 | 17:45 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Yusuf Muhammad - Go Cakrawala

Soppeng, GoSulsel.com — Pemerintah Kabupaten Soppeng melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bekerjasama dengan masyarakat melakukan ritual Pattaungeng di kawasan wisata permandian air panas Lejja, Desa Bulue, Kecamatan Marioriawa, Selasa (20/09/2016).

Pattaungeng adalah ritual penghormatan yang ditujukan pada arwah leluhur orang Soppeng. Ritual ini dilakukan dengan melarung kepala sapi ke dalam aliran air di Lejja. Pattaungeng telah ada sejak Soppeng masih berbentuk kerajaan, hingga kini dilaksanakan setiap tahunnya.

Ritual Pattaungeng dihadiri Bupati Soppeng A.Kaswadi Razak, ketua tim penggerak PKK Hj.Nurjannah Kaswadi, dan kepala SKPD Kabupaten Soppeng.

Kaswadi dalam arahannya memberikan apresiasi pada pelaksanaan ritual ini karena merupakan salah satu bentuk budaya yang memiliki nilai budaya tinggi bagi masyarakat.

“Semoga acara pattaungeng ini dapat kita lestarikan tanpa ada niat lain,” harap Kaswadi.
Acara pattaungeng yang dilakukan setiap tahunnya merupakan kebanggaan masyarakat Soppeng. Kegiatan ini turut diisi dengan acara kesenian Mappadendang serta penyembelihan seekor sapi.(*)


BACA JUGA