Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

DKP Sulsel Harap Kapal Induk Perikanan Bisa Beroperasi Secepatnya

Rabu, 21 September 2016 | 22:05 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Iin Nurfahraeni - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulawesi Selatan, masih menunggu izin dari Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk mengoperasikan Kapal Induk Perikanan, yang digagas oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Sulkaf S Latif berharap izin operasi kapal induk perikanan tersebut bisa rampung pada bulan Oktober nanti.

“Izinnya diharapkan bisa keluar pada Oktober, sehingga operasionalnya bisa dilakukan secepatnya,” kata Sulkaf, ditemui di ruang kerjanya di Kantor DKP Sulsel, Rabu (21/9/2016).

Ia menyebutkan, saat ini ada dua unit kapal induk perikanan dengan kapasitas 500 gros ton (GT) telah siap, dan tengah bersandar di Pelabuhan Sorong, Papua. Kapal ini hasil kerja sama antara Pemprov Sulsel dengan PT Perikanan Nusantara (Perinus).

Operasional kapal ini sedikit bermasalah karena terkendala aturan dari KKP dimana adanya pembatasan ukuran kapal penangkap ikan yang dapat beroperasi hanya sebesar 150 GT.

“Kami sementara urus izinnya, tentu diharapkan ada pengecualian khusus karena ini pemerintah dan BUMN juga,” ucap Sulkaf.

Halaman: