Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Polisi Buat Satgas Pengawasan Dwelling Time

Kamis, 22 September 2016 | 18:36 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com– Pelabuhan yang berada di daerah dinilai masih sangat sulit untuk menekan waktu bongkar muat (dwelling time) secara langsung dari 8 hari menjadi 3 hari. Karena itu, kepolisian membentuk tim satuan tugas untuk mengawasi proses bongkar muat di pelabuhan.
Hal ini diungkapkan oleh Wakil Kepala Kepolisian Indonesia (Wakapolri), Komjen Pol Syafruddin usai memberi kuliah umum di Universitas Negeri Makassar, Kamis, 22 September. Apalagi Presiden, Joko Widodo telah menegur beberapa pelabuhan yang masih memiliki dwelling time yang lama.
“Sudah dibuatkan satgas, dan Kapolda sudah turun melakukan investigasi dan harus bertanggung jawab melakukan pengawasan. Sejauh ini belum ada laporan adanya pungli atau masalah. Yang jelas presiden sudah mengintruksikan agar dwelling time tinggal 3 hari dari 8 hari,” kata Komjen Pol Syafruddin.
Sebelumnya, Jokowi menyebutkan ada beberapa pelabuhan yakni Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Belawan, dan Pelabuhan Makassar yang masih memakan waktu bongkar muat selama tujuh sampai delapan hari. Dirinya menginginkan waktu bongkar muat hanya dua atau tiga hari.(*)