(FOTO: Pekan Sastra UNM menghadirkan Seno Gumira Ajidarma sebagai pembicara/Sabtu, 24 September 2016/Marwan Paris/GoSulsel.com)

Di Makassar, Seno Gumira Ajidarma Ingin Sastra Bisa Menjaga Ingatan Sejarah Bangsa

Sabtu, 24 September 2016 | 15:17 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Marwan Paris - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com — Seminar Kesusastraan Nasional dengan pemateri Seno Gumira Ajidarma bertema “Peran Sastra Dalam Menjaga Ingatan Sebuah Bangsa” yang digelar di ruang teater Pinisi lt. 3, jalan A.P. Pettarani, Makassar merupakan rangkaian dari Pekan Sastra 2016. Sebagaimana diungkapkan Riskyah Hidayanti, ketua panitia kegiatan tersebut di sela-sela acara.

“Seminar ini merupakan rangkaian dari pekan sastra 2016. Pekan sastra 2016 merupakan kegiatan penggabungan beberapa program kerja dari himpunan mahasiswa program studi sastra Indonesia (KMP Sasindo UNM). Salah satu item dan acara puncaknya itu ‘seminar sastra nasional’ dengan pemateri Seno Gumira Ajidarma,” paparnya kepada Gosulsel.com, Sabtu (24/9).

Mengambil SGA sebagai pemateri, menurut Kyah, sapaanya, sesuai dengan tema seminar ini, yaitu “Peran Sastra Dalam Menjaga Ingatan Sebuah Bangsa”. Karena SGA merupakan seorang sastrawan kontemporer saat ini, dimana karya-karyanya memang dilahirkan dari realitas yang ada di masyarakat.

sastra-2

Selain sastrawan, tambahnya, ia juga berlatar belakang sebagai wartawan yang pernah menuliskan essai tentang timor-timur pada saat itu.

Tak lupa, ia menitipkan pesan ke Gosulsel.com untuk disampaikan ke penikmat dan pecinta sastra yang ada di makassar. Ia berharap semoga seluruh penikmat dan pecinta sastra yang ada di makassar melalui seminar ini dapat menambah pengetahuan dan wawasannya dalam konteks bagaimana sastra bisa berperan dalam menjaga ingatan sebuah bangsa.

Halaman: