Ilustrasi

Realiasi Penerimaan Negara Bukan Pajak Sulsel Capai Rp76 Miliar Lebih

Senin, 26 September 2016 | 18:13 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Iin Nurfahraeni - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Dinas Energi Sumber Daya Mineral mencatat Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sektor Sumber Daya Alam Mineral dan Batu Bara, senilai Rp 76.429.528.110,00 (Miliar) di triwulan II ini.

PNBP ini didapatkan dari dua sumber, yaitu Iuran Tetap dan Royalti. Sekretaris Dinas ESDM Sulsel Syamsul Bachri menjelaskan melihat pencapaian sampai triwulan ini memang sedikit melambat.

“Beberapa faktor memang menghambat pencapaian. Iuran tetap pasti tidak akan berubah, kecuali royalti namun di Sulsel cuma PT Vale saja yang membayarkan royalti,”kata Syamsul, Senin (26/9/2016)

Syamsul menyebutkan, dibandingkan tahun lalu memang ini berbeda, PNBP diefektifkan karena dibantu oleh KPK sedangkan tahun ini tidak demikian. Target dari pusat cukup tinggi.

“Sepertinya hasilnya tidak akan sama dengan tahun lalu, PNBP inikan ditentukan secara nasional. Salah satu kendala juga karena royalti yang didapatkan dari PT Vale ada kemungkinan akan turun karena pengaruh harga nikel, dan produksi menurun,”terang Syamsul.

Halaman: