(FOTO: Yusuf Ahmad membeberkan tips menjadi fotografer sukses di pameran GFJA Makassar/Rabu, 28 September 2016/Marwan Paris/GoSulsel.com)

Di Pameran GFJA Makassar, Yusuf Ahmad Beberkan Cara Menjadi Fotografer Sukses

Rabu, 28 September 2016 | 22:41 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Marwan Paris - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com — Galeri Fotografi Jurnalistik Antara (GFJA) Makassar menggelar diskusi di pameran foto ‘Kisah Para Penyintas’ kelas dokumenter bersama Yusuf Ahmad, fotografer profesional dari Reuters. Diskusi yang dibalut tema ‘Panduan Menjadi Fotografer Freelance’ ini didampingi oleh Hariandi Hafied, fotografer freelance majalah Tempo, di Gedung Societeit de Harmonie, Jalan Riburane, Makassar, Rabu (28/9/2016).

Materi yang dibawakan cukup memberi inspirasi dan motivasi bagi para pengunjung dan pegiat fotografi untuk bisa menjadi seorang forografer freelance. Panduan yang diberikan berupa tahap-tahap dan tips bagaimana memulai langkah menjadi fotografer freelance.

“Untuk memulai menjadi seorang fotografer freelance, mula-mula mesti ada portofolio, harus lebih mengasah kemampuan dalam memotret. Bagus tidaknya hasil foto itu dilihat dari pengalaman dan jam terbang dalam memotret,” tuturnya.

Selanjutnya, untuk memperkenalkan hasil karya kepada orang lain, tambahnya, dibutuhkan jaringan perkenalan sehingga karya bisa dishare atau disiarkan agar masyarakat bisa menilai karya foto kita.

Media sosial saat ini, sesungguhnya sudah cukup membantu kita untuk menyebarkan karya foto. Dari sini kita bisa mengukur diri dalam memotret sekaligus mempromosikan diri kita sebagai seorang fotografer, dan masih banyak lagi yang dipaparkannya.

Selain panduan menjadi fotografer freelance, kak Ucu, sapaanya, juga memberikan banyak masukan-masukan mengenai dunia fotografer. Dari berbagai macam tantangan dan hambatan dalam profesi fotografer, hingga peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan untuk memulai menjadi fotografer freelance.(*)