(FOTO: GFJA Makassar adakan diskusi foto dokumenter di Gedung Kesenian Makassar/Rabu, 28 September 2016/Marwan Paris/GoSulsel.com)

Oscar Motullah Bahas Fotografi Dokumenter di Pameran Foto

Rabu, 28 September 2016 | 09:47 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Marwan Paris - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Pameran Foto ‘Kisah Para Penyintas’ Galeri Fotografi Jurnalistik Antara (GFJA Makassar) adakan sebuah sesi diskusi, di gedung Societe De Harmony, jalan Riburane, Makassar.

Oscar Motullah, kepala musium dan Galeri Fotografi Jurnalistik Antara Jakarta hadir di hadapan para pengunjung pameran. Didampingi Yusuf Ahmad, fotografer dari Rauters membawakan sebuah diskusi foto bertema ‘Fotografi Dokumenter’.

Dalam diskusi, bang Oscar, sapaanya, menjelaskan bagaimana perspektif dari sebuah fotografi dokumenter serta kaitannya dengan fotografi jurnalistik. Dari era lahirnya fotografi hingga ke era fotografi saat ini.

“Foto Dokumenter merupakan peletak dasar dari dunia fotografi. Foto pertama kali di dunia itu adalah sebuah karya dari fotografi dokumenter. Dokumentasi sejarah, sepenggal gambaran akan dunia. Fotografi dokumenter sebatas pada pengabadian suatu moment. Namun ketika saat foto dokumenter itu disiarkan misalnya dalam bentuk pameran maka ia sudah masuk menjadi bagian dari fotografi jurnalistik yang punya maksud menyampaikan sebuah pesan,” tuturnya. (*)