Bupati Gowa

Raja Gowa Tidak Ditunjuk Berdasarkan Garis Keturunan, Ini Penjelasan Bupati Gowa

Kamis, 29 September 2016 | 18:08 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Gowa, GoSulsel.com – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menjelaskan bahwa silsila kerajaan Gowa tidak berdasarkan dengan garis keturunan, hal ini yang membedakan kerajaan Gowa dengan kerajaan-kerajaan lainya diseluruh nusantara.

“Sejak dariĀ  di Gowa berbeda dengan kerajaan lain di nusantara, dimana proses penetapan Rajanya bukan ditentukan oleh Raja sebelumnya tetapi harus melalui mekanisme kesepakatan dan dipilih oleh Dewan Batesalapang,” ujar Adnan saat dikonfirmasi, Kamis (29/9/2016).

Dia mengatakan fungsi Batesalapang dizaman sekarang sama halnya dengan dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Sehingga, kata Adnan, tidak secara langsung Raja di Gowa ditunjuk atau berdasarkan garis keturunan, diapun mengatakan sejak dari dulu kerajaan gowa menganut paham berdemokrasi.

“Dalam catatan sejarah, Sultan Abdul Jalil Raja Gowa ke-19 digantikan oleh Sultan Ismail Raja Gowa Ke-20 yang bukan anak dan garis keturunanya. Begitupula Raja Gowa I dan Raja Gowa Ke-36 (terakhir) tidak memiliki hubungan keturunan langsung,” terangnya.