(FOTO: Dr. Aryati Puspasari Abady, M. Si,-baju putih/Minggu, 9 Oktober 2016/Andi Nita Purnama/GoSulsel.com)

Ketahui Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini Bagi Anak

Minggu, 09 Oktober 2016 | 17:25 Wita - Editor: Irwan Idris -

Makassar, GoSulsel.com – Lembaga kursus Briton International English School sudah lebih dari 20 tahun ini fokus terhadap peningkatan kualitas dan kemampuan anak-anak khususnya di bidang Bahasa Inggris yang afiliasinya ke Cambridge University.

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan dan Pariwisata Kota Makassar, Dr. Aryati Puspasari Abady, M. Si, pendidikan atau pengenalan tentang bahasa asing lebih cepat atau lebih awal diajarkan akan lebih bagus. Sebab menurutnya, kemampuan menyerap di usia dini lebih efektif. Sehingga pada saat mereka akan lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, kemampuan bahasa inggrisnya akan lebih fasih dan lebih bagus dibanding usia anak yang lebih telat belajar.

Anak-anak yang masuk di lembaga kursus ini tersebar di berbagai sekolah, baik itu swasta ataupun negeri. Diharapkan lulusan ini memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang lebih bagus dibanding anak-anak yang ada di sekolah lain yang tidak mengikuti kursus seperti ini.

“Kami menaruh harapan yang besar, karena kedepan bukan hanya anak yang cerdas yang dibutuhkan tapi anak-anak yang punya berbagai keterampilan, salah satunya kemampuan berbahasa asing,” tuturnya.



Kompetisi kedepan bukan saja dengan anak yang berasal dari lokal tapi juga dari luar. Sehingga tidak hanya kemampuan akademik yang harus bagus, tapi juga kemampuan berbahasa.

“Tidak menutup kemungkinan anak yang lukus darisini mereka akan melanjutkan studinya keluar negeri sehingga kalau dia sudah punya sertifikat Cambridge memudahkan mereka masuk ke lembaga-lembaga pendidikan yang ada di luar negeri,” tambahnya.

Kendala dalam menerapkan kemampuan berbahasa Inggris dari dini sebenarnya ada beberapa hal. Di antaranya yaitu untuk sekolah dasar negeri, kurikulum Bahasa Inggris belum diterapkan. Tapi, ada beberapa sekolah negeri yang coba mengenalkan Bahasa Inggris sejak awal, itulah yang dikatakan dengan kurikulum lokal, padahal yang dimaksud sebenarnya Bahasa Inggris.

Hal seperti ini yang merupakan bentuk dukungan dari pemerintah untuk lebih dini mengajarkan kepada siswa bisa berbahasa asing lebih baik. Seharusnya sejak dari kindergarden, lebih bagus diajarkan. Karena belajar bahasa asing yang semakin dini akan semakin bagus.(*)