Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Sempat Tertunda, Gaji PNS di Pemprov Sulsel Akhirnya Cair

Kamis, 12 Januari 2017 | 15:04 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Aris Taoemesa - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk Januari 2017 yang sempat tertunda sudah bisa cair. Pasalnya, Kementerian Keuangan sudah mencairkan gaji untuk para abdi negara tersebut ke masing-masing provinsi.

“Keuangan dari Kemenkeu sudah dicairkan ke masing-masing provinsi. Kondisinya sekarang itu siap untuk dicairkan,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Pemprov Sulsel, Andi Arwin Azis, Kamis (12/1/2017).

Dia mengatakan untuk pencairan gaji, pihaknya masih menunggu rekomendasi jumlah PNS dari masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Jika sudah ada, maka langsung dicairkan.

“Kami sementara menunggu dari SKPD terkait untuk memasukkan rekomendasi penggajian. Kalau hari ini ada yang memasukkan suratnya, maka hari ini sudah bisa dicairkan,” ujarnya.

Arwin menyebutkan anggaran gaji PNS mengalami peningkatan hingga 62 persen dari sebelumnya. Kenaikan itu dikarenakan adanya peralihan pegawai dari kebupaten/kota ke provinsi seperti guru PNS tingkat SMA/SMK.

“Anggarannya kita itu Rp188 miliar. Ini naik dari sebelumnya Rp116 miliar karena ada guru PNS sekarang menjadi tanggungjawab pemprov,” ucapnya.

Jumlah guru PNS yang tercatat mencapai 17.000 orang. Sebelum peralihan, jumlah PNS di Pemprov Sulsel sekitar 9.900 orang. Jadi total, PNS sebanyak 26.000-an.

“Guru sekarang yang sementara diverifikasi sebanyak 15.000,” pungkasnya.(*)