Sepanjang 2016, Terjadi 168 Kali Gempa di Sulsel

Senin, 23 Januari 2017 | 14:31 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Ahmad Syadiq - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengatakan sebanyak 168 kali gempa tercatat terjadi di Sulawesi Selatan sepanjang tahun 2016. Sebanyak 5 diantaranya adalah gempa bumi yang dirasakan getarannya.

Data tersebut disajikan oleh BMKG Wilayah IV Makassar saat konferensi pers Kilas Balik Kondisi Cuaca, Iklim dan Kegempaan Tahun 2016 dan Tinjauan Iklim Tahun 2017 di Sulawesi Selatan, Senin (23/1/2017) di Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar, Jl Prof Dr Abdurahman Basamalah No. 4 Makassar.

“Dalam hal kejadian gempa bumi, sepanjang tahun 2016 gempa bumibyang terjadi di Sulsel bukan merupakan gempa bumi yang merusak,” ujar Kepala Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar, Fachri Radjab.

Dari data yang disajikan, Daerah yang paling banyak terjadi gempa adalah Luwu Timur yakni sebanyak 45 kejadian dan yang terendah adalah Pare-pare dan Makassar masing-masing satu kali kejadian.

Sementara itu, terkait prakiraan cuaca di Tahun 2017, BMKG Wilayah IV Makassar memperkirakan bahwa curah hujan di Sulsel tergolong pada intensitas rendah. Meski demikian curah hujan dengan intensitas tinggi dan dalam waktu singkat harus diwaspadai.(*)