Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

3.197 Warga Negara Asing Berada di Sulsel

Selasa, 24 Januari 2017 | 17:50 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Jumlah warga negara asing (WNA) di Sulawesi Selatan ternyata cukup banyak. Dari data yang dihimpun dari Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham, tercatat ada 3.197 orang. 90 persen lebih berada di Kota Makassar.
Dari jumlah ini, terdapat 1994 orang yang merupakan imigran gelap atau WNA yang mencari suaka. Mereka berasal dari didominasi warga Afganistan, Ethopia (Somalia), Myanmar, Bangladesh dan Sudan.
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulsel, Asmnato Baso Lewa mengatakan pihaknya telah beberapa kali melakukan rapat koordinasi dengan pihak imigrasi untuk masalah imgran gelap ini.
Bahkan pihaknya telah meminta mereka untuk disatukan dan tidak tersebar di beberapa tempat. Musbabnya mereka sangat potensial menimbulkan masalah dengan lingkungan sekitarnya.
“Ada beberapa opsi, mulai dari memasang CCTV di asrama atau tempat penampungan mereka. Atau kita sediakan satu pulau yang akan dijadikan penampungan oleh penanggung jawab dalam hal ini UNHCR,” kata Asmanto, Selasa (24/1/2017).

Halaman:

BACA JUGA