Nelayan Barombong, BMKG, Barombong
ilustrasi

BMKG Larang Nelayan Melaut Selama Tiga Hari Kedepan

Kamis, 26 Januari 2017 | 19:00 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Risal Akbar - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan kepada nelayan untuk tak melaut selama tiga hari kedepan. Pperingatan tersebut dikeluarkan menyusul adaya gelombang tinggi yang akan terjadi di sejumlah pesisir Kota Makassar.

“Gelombang hingga tiga hari kedepan itu antara 1.25 meter sampai 2.5 meter dan itu rawan untuk kapal nelayan. Kami sudah warning ke mereka dan supaya ini menjadi perhatian,” kata prakirawan BMKG, Siswanto, saat dihubungi via telepon selular, Kamis(26/1/2017).

Bukan hanya itu, kecepatan angin di pesisir kota Makassar bahkan sempat tercatat mencapai 33 knot atau 66 Kilometer per jam.

Hujan pun masih akan mengguyur kota Makassar hingga sabtu  dini hari mendatang.

“Alat kami di BMKG maritim Paotere mencatat sampai 33 knot, dan memang ini sudah tercatat sebagai cuaca yang sedikit ekstrim hingga tiga hari kedepan,” kata siswanto

Hal tersebut akan terjadi pada pesisir barat, selat Makassar hingga sulawesi bagian utara. “Yang jelas hingga tiga hari kedepan akan masih ada angin kencang dan gelombang tinggi,” kata dia

BMKG sendiri mencatat hujan lokal masih akan melanda Makassar pada umat dini hari ini dengan kecepatan angin 9 kilometer per jam. Sementara suhu berada di kisaran 24 derajat celius dengan suhu tertunggi 30 derajat celcius dan tingkat kelembaban 95 persen.(*)